Pages

Setting blogspot Di Subdomain Sendiri (Hosting Cpanel)

Posted by Andre Primaries on Tuesday 3 January 2012

Sudah punya domain dan hosting sendiri, tetapi kapasitas hosting hanya sedikit. Padahal ingin sekali menyimpan tulisan, foto-foto di hostingan kita tanpa batasan bandwidth dan disk space. Salah satu caranya adalah memakai blogspot yang bisa dibuat di www.blogger.com , dan kemudian di-redirect ke nama domain kita sendiri. Dengan kata lain Anda sudah mempunyai hostingan yang tidak terbatas untuk posting berita atau tulisan dengan gambar-gambarnya.

Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai cara setting blogspot di subdomain atau redirect blogspot kita ke subdomain. Contoh namakamu.blogspot.com di-redirect ke blog.domainkamu.com (kalau setting blogspot di domain sendiri baca di sini). Dalam hal ini diasumsikan Anda telah mempunyai blog di blogspot dan sudah mempunyai domain dan hosting.

Langkah pertama login  di cpanel dan buat subdomain baru, klik subdomain
Buat subdomain baru contoh blog.domainkamu.com (atau nama apa saja terserah anda) dan klik create
Setelah selesai membuat subdomain, kembali ke halm utama dan Klik  Andvance DNS Zone Editor untuk mengatur CNAME Record
Cari record subdomain yang telah dibuat, contoh blog.domainkamu.com. Biasanya tipe record masih A. Ganti type menjadi CNAME dan CNAME isikan ghs.google.com. Lihat gambar

Jika selesai klik edit record. Pengaturan subdomain di capnel telah selesai. Langkah selanjudnya adalah mengarahkan blogspot ke subdomain yang telah disetting di capnel. berikut ini adalah langkah-langkahnya;

  1. Login ke akun blogger
  2. Pilih Setting > Publishing >Blog address, klik add a custom domain.
  3. Klik Switch to advanced settings. Masukan nama subdomain yang telah dibuat di capnel anda. Contoh; blog.domainkamu.com (tanpa www)
  4. Untuk Use a missing files host? pilih No
  5. Save setting
Langkah-langkah di atas belum selesai. Mengapa? karena jika subdomain diketik di browser www.blog.domainkamu.com maka halaman tidak bisa ditemukan (jika diketik blog.domainkamu.com tanpa www tidak akan ada masalah).
Untuk mengakali hal tersebut bisa dengan beberapa cara. Salah satunya menggunakan fasilitas redirect di capanel. Caranya pada menu Domains klik redirect. seting seperti gambar di bawah ini.
Setelah selesai klik add.
Jadi cara kerjanya seperti ini, jika diketik alamat www.blog.domainkamu.com maka akan diarahkan ke http://blogkamu.blogspot.com/ kemudian diarahkan lagi ke blog.domainkamu.com (muter-muter jadinya!!). Blog di subdomain anda telah selesai

kelemahan : sebenarnya kelemahan ini kemungkinan untuk ditemukan sangat sulit. Contoh; link http://blog.domainamu.com/2011/12/tempat-layanan-dns-gratis.html dirubah dengan cara menambahkan www. menjadi http://www.blog.domainamu.com/2011/12/tempat-layanan-dns-gratis.html, maka page error akan ditemukan karena directori tersebut kosong. Mengapa kelemahan ini sulit ditemukan? karena biasanya orang langsung meng-copy atau bookmark link aktif (ada halamnnya) yang ada di web browser tanpa mengedit lagi link tersebut.

Koq ada kelemahannya? jadi kurang puas nihh!
Tenang !! ada cara lain untuk men-redirect yaitu dengan membuat file .htaccess yang fungsinya men-redirect url.Tutorial bisa dibaca di link ini : Cara Forwarding Subdomain Dengan htaccess

Tulisan ini didapatkan dari pengalaman men-setting blogspot klien untuk diarahkan ke subdomain mereka. Kritik dan masukan untuk tulisan ini sangat diharapkan.

Related Posts by Categories

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment