Pages

Cara Mempunyai Domain Seharga Rp. 25.000/tahun

Posted by Andre Primaries on Wednesday 21 December 2011

Punya blog tapi masih nebeng di blogger/blogspot, sekarang Anda bisa memiliki blog dengan nama sendiri dengan akhiran .com, .net, .web.id, dan masih banyak yang lain. Dalam tulisan ini saya akan membahas bagaimana membuat blog dengan nama domain sendiri akhiran web.id.

Di sini saya menganggap anda telah mempunya sebuah blog. Kita langsung langsung saja daftar di Pengelola Nama Domain Internet Indonesia.atau Pandi di https://register.pandi.or.id/  Terlebih dahulu Anda harus daftar sebagai pengguna di domain Pandi https://register.pandi.or.id/Userregist Siapkan kelengkapan yang paling penting yaitu hasil scan identitas/Valid ID Anda yang masih berlaku (bisa menggunakan KTP, SIM, PASSPORT), format bisa gif, jpg, dan pdf zize max. 256 kb.

-Kemudian isi semua data yang dibutuhkan, upload identitas dan Confirm.
-Setelah confirm pandi akan mengirimkan email verifikasi. Buka email dan klik link verivikasi yang telah diberikan. 
- Verifikasi selesai (diberitahukan lewat email bahwa verifikasi sukses). silahkan login dengan username dan password yang dibuat pada saat mendaftar sebagai user.
-Di domain registration cek ketersediaan nama Domain  yang anda inginkan. Berikan juga cek list pada domain zone. dalam hal ini untuk harga Rp.25.000, pilih web.id (hilangkan centang yang lainnya).
- Jika tersedia/Available, klik next
- Pilih lama sewa/Duration domain 1 atau 2 tahun, terserah Anda.
- Untuk sementara kosongkan Name Server 1 s/d 10 (dalam hal ini, anda diasumsikan hanya memiliki blog di blogspot dan belum mempunyai DNS atau domain name server). Name server bisa didapatkan dengan mendaftar di penyedia free DNS (nanti akan saya bahas pada tulisan berikutnya).
- Jangan lupa isi domain description/ penjelasan tentang domain Anda (bisa diisi apa saja). Klik Confirm
- Domain yang telah Anda pesan belum bisa dimiliki karena harus melunasi pembayaran. Oleh sebab itu klik menu Invoice & Payment History
- Dalam halaman tersebut klik Invoice Hostory. Di situ terlihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
- Cara pembayaran kunjungi link ini http://www.pandi.or.id/persyaratan-dan-biaya-2/ .
- Setelah Bayar, tunggu proses sampai nama domain Aktif (kalau ada kesulitan hubungi Pandi).

Jika semua proses selasai langkah selanjudnya adalah proses pendafatran DNS. Pandi hanya menyediakan nama domain tidak termasuk servis lainnya
Notice : Our service is to provide domain name registration or management, not to provide the Name Server (DNS), WWW server (FTP), or Mail server (POP,SMTP).
Oleh sebab itu kita harus mensetting sendiri fitur-fitur seperti  Name Server (DNS), WWW server (FTP), or Mail server (POP,SMTP), dengan mendaftar di free DNS atau membeli DNS.

Untuk tutorial berikut Cara Setting DNS Untuk Blogspot Di Freedns.afraid.org adalah cara mendaftar free DNS. DNS tersebut digunakan untuk mengisi name server di nama domain yang telah dipesan dari Pandi.
Kalau ada pertanyaan post komen di bawah:

Sumber : Pengalaman Pribadi

Related Posts by Categories

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment