Pages

Tempat Layanan DNS Gratis

Posted by Andre Primaries on Wednesday 7 December 2011

Sudah punya domain dan ingin menjadikannya sebagai custom domain untuk blogspot. Kita bisa langsung saja men-setting CNAME record dan URL forwarding-nya. Ini bisa dilakukan bila membeli domain yang di dalamnya telah ada fasilitas DNS manager-nya contohnya godaddy.com. Bagaimana jika belum ada fasilitas DNS manager? Contohnya jika membeli langsung domain di Pandi, tentunya kita harus men-setting DNS sendiri (baca :Cara Setting DNS Domain Untuk Blogspot Di Freedns.afraid.org). Ada banyak penyedia layanan DNS gratis. 
Berikut ini ada referensi yang saya dapatkan waktu browsing artikel tentang free DNS.

Beberapa penyedia layanan DNS gratis adalah sebagai berikut
EveryDNS (Fitur: maksimum 20 domain dan 200 records. URL forwarding. Backup/secondary DNS. Default TTL 3600 s. Record Type: A, CNAME, MX, NS, AAAA. Name server & Lokasi: ns1.everydns.net (US), ns2.everydns.net (US), ns3.everydns.net (US), ns4.everydns.net (Inggris). Donasi dapat dilakukan untuk menaikkan batasan jumlah domain dan record-nya.

EditDNS Limit: maksimum 5 domain, hanya primary DNS. Dapat mengatur nilai TTL. Record Type: A, AAA, CNAME, DNSKEY, LOC, MX, NS, RP, TXT, PTR, SRV Name server & Lokasi: free01.editdns.net (US), dan free02.editdns.net (US) EditDNS menyediakan layanan berbayar untuk fitur yang lebih.

FreeDNS Afraid Limit: 5 domain dan 20 subdomain record/domain. Default TTL. Record Type: A, AAA, CNAME, LOC, MX, NS, RP, TXT, SRV, HINFO  Name server & Lokasi: ns1.afraid.org (US), ns2.afraid.org (US), ns3.afraid.org (US), ns4.afraid.org (US)Layanan berbayar mendapatkan fitur yang lebih banyak dan fleksibel.

Xname Limit: Tidak ada. Record type: NS, MX, A, AAAA, CNAME, TXT Name server & Lokasi: ns0.xname.org (Eropa), ns1.xname.org (Eropa), ns2.xname.org (Eropa) Hanya untuk kepentingan non komersial.

ZoneEdit  Limit: 5 domain Record type: A, AAAA, CNAME, LOC, MX, NS, PTR, RP, TXT Name server & Lokasi : Bervariasi, untuk versi gratis biasanya berlokasi di US, Amerika. Layanan berbayar untuk fitur yang lebih.

Penyedia layanan DNS gratis lainnya adalah DNSPark, DNS Exit, GratisDNS, Twisted4Life, dan lain-lain.

Sumber : http://www.indotopten.com/2010/02/penyedia-layanan-dns-gratis.html

Tentunya DNS gratis pasti ada kelemahannya. Berdasarkan pengalaman, blog saya yang menggunakan Free DNS sangat lambat loadingnya dibandingkan dengan blog yang memakai DNS berbayar. Jika ingin DNS berbayar biasanya sudah ada pada saat kita membeli domain dengan fasilitas domain parking.

Related Posts by Categories

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment